Rabu, 22 April 2015

Review ban sepeda Maxxis Detonator

Setelah beberapa bulan mencari seller khilaf yang mau jual ban hybrid ini.. ngubek ngubek FJB KASKUS and finally i've got it.. Nemu paket hemat sepasang ban foldable second like new tentunya dengan harga miring. Bergegas saya contact seller nya, dan kemudian COD di  hypermarket terdekat, heheh.. Review ini saia tulis dari pengalaman sendiri memakai ban maxxis detonator 26 x 1.5 memakai ban dalam merk duro.
Jeng jreeeng..

Maxxis Detonator (sumber : majuroyal blog)
Colorful juga nih ban sepeda.. kesan pertama liat foto-foto ban ini di blog seller. untuk dual compound memang tersedia beberapa pilihah warna, namun kebetulan ban yang saya dapat hanya menggunakan single compound (cuma warna hitam, tanpa pinggiran berwarna, sepertinya lebih ke variasi saja menggaet selera pasar).
 *** 

Singkat cerita, ban sepeda saya ganti, so.. ukuran ban sepeda saya jadi 26 x 1,5 inch
(sebelumnya pakai kenda koyote 26 x 2,1 inch) kesan pertama setelah pasang ban ini.. "enteng betul gowes di aspal" (tentu dengan tekanan ban yang pas). Dan yang kedua traksi di jalanan terutama saat braking lebih baik. Ya wajar lah permukaan ban ini udah hampir slick. Cuma ada garis di sisi kanan kirinya saja buat mereduksi air dari aspal. Saat tes, kebetulan memang cuaca sedang mendung dan track aspal pun becek dimana-mana. rasanya tak mengurangi daya cengkram ban terhadap jalan. *dites di aspal jalan raya.

Ada plus pasti ada minusnya dong.. ban ini jelas begitu licin saat melindas track tanah yang biasa terdapat pada level track cross country ringan sedang. Selain karena bentuk ban, juga ukuran tapak ban yang lebarnya hanya 1.5 inch. pastinya jangan coba2 maen lumpur pake ini dah. cuma mentok di jalan kampung saja.

Satu lagi, ban ini nyiprat abiiis. Serius kalo mtb pasang ini walaupun cuma jalanan basah sepertinya semua tanah atau kotoran debu jalanan yang terlindas ban ini di aspal akan tersapu dan terangkat. Wogh sekedar saran sebaiknya pasang fender juga jika memakai ban ini di musim hujan.
Sekian ripiew dari saia. Semoga membantu

Pros :
Ringan
Material foldable, bisa dilipat dan mudah dipasang
Traksi mantap di jalan aspal

Cons :
Butuh kekuatan ektra bagi handpump untuk mencapai tekanan ban yang pas (mending pake kompressor tambal ban) untuk pompa ban ini.
Nyiprat abis

maxxis detonator di sepeda teman saia

6 komentar:

  1. Tengkyu bro buat reviewnya, cara perawatan ban sepeda gunung juga perlu kan ya bro

    BalasHapus
  2. Thx utk infonya.. mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/ban-sepeda-cepat-kempes-pakai-ini-saja/

    BalasHapus
  3. Rim nya pakai uk brp bos ku

    BalasHapus
  4. terima kasih review nya ... 👍

    BalasHapus

  5. Apabila kita menggunakan sepeda MTB untuk jadi Road bike dengan mengganti Ban maxxis detonator apakah velg nya diganti juga?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngg perlu bg, yg perlu di ganti ban dalam nya saja di sesuaikan sama ban luar, kalau pakai detonator 26 x 150 pakai ban yg sama ban dalam 26x 150 bg

      Hapus