Kamis, 04 Juni 2015

Jepara - Semarang - Bandung - Cimahi with Bejeu

Baru-baru ini PO Bejeu membuka jalur baru Jepara - Semarang - Bandung, dan akhirnya di awal bulan ini nubie berkesempatan langsung untuk mencoba layanan bis hitam ini. Seperti format cerita tentang bis seperti biasa..  Langsung saja ke ulasannya.. #jeng jreeeng#

banner line baru bis Bejeu ke kota Kembang
Tariff
untuk sekali jalan bis ini mematok tarif 168 ribu rupiah untuk satu kursi penumpangnya, sebuah harga yang kompetitif mengingat di jalur ini sudah ada beberapa PO yang melayani jalur ini. kelas eksekutif memang menyasar market menengah ke atas. Namun mengingat saingannya si roda baja pun mematok harga diatas itu, sepertinya tidak mustahil banyak para penumpang kereta kelas ekonomi dan bisnis yang tertarik mencoba service bis ini.
Feature
jalur Jepara - Semarang - Bandung atau sebaliknya ini dilayani oleh armada bejeu B31 "night simphonie" dan B32 "black gold". kode khas untuk bis-bis bercat hitam ini.
keduanya sudah menggunakan armada mercedes benz OH1626 bersuspensi udara. Fasilitas diatas bis yaitu kursi hidrolik berikut legrest plus selimut dan bantal, engine besar dan didukung suspensi yang sangat nyaman membuat perjalanan malam penumpangnya tak pernah terusik walaupun harus berlari dan overtake truk-truk batubara di sepanjang jalur Cirebon hingga menjelang kota Bandung yang berlubang parah. untuk kapasitas sekali jalan bis ini dapat memuat hingga 32 penumpang. Konfigurasi seat 2-2 sembilan baris, agak rapat namun memang ini standard kursi bis kelas eksekutif. Disamping itu penumpang akan dijamu dengan service diatas bus nya yaitu free dinner prasmanan, serta snack berat roti bejeu, dan pop mie beserta sebotol minuman sari buah jeruk. wahaha dapet banyak.. masih kurang juga? tersedia air panas untuk seduh pop mie, tea atau coffe. 


Bejeu B32 "black gold" di rest area Gringsing
Hal lain diluar pelayanan diatas bis, masing-masing armada bis Bejeu bisa dilacak secara online posisinya, tinggal cek kode bis di web bejeu.com/tiket/cari_tiket/trace.html misal, bis yang akan dinaiki yaitu bis berkode B32. tinggal ketik pada kolom yang tersedia dengan format BJU_(kode bis) atau BJU_B32. voila posisi dan kecepatan bus pun dapat terlacak secara realtime, cocok pas nunggu bis atau buat yang jemput bis nya di tempat tujuan biar ga pehape.. hahaha

interior bis Bejeu B32
Namun sayang, banyak kelebihan tak berarti pelayanan bis ini sempurna, satu hal yang disayangkan, tidak ada kantor resmi yang berlokasi di Semarang. cuma membandingkan dengan agen resminya nusantara yang di jalan Dr. Cipto Semarang. untuk naik bis ini penumpang hanya bisa menunggu di warung agen kecil yang berlokasi di krapyak atau di kalibanteng yang berada di pinggir jalan dengan ruang tunggu seadanya tanpa fasilitas kamar kecil atau media hiburan (hiburannya cuma nonton kemacetan di jalan, dan berharap bis nya bisa datang ontime).

ruang tunggu di agen resmi yang seadanya :(
Speed
Bukan Bejeu kalo ga ngebut, hihi.. betul banget, ngebut di pantura sudah biasa. justru yang bikin penasaran itu bagaimana waktu bis ini melewati jalur berkelok di daerah sumedang. dan ternyata memang lebih hot goyangannya, sensasi flying low semakin terasa, banyak overtake dilakukan driver terhadap truk-truk pengangkut batubara yang berjalan lebih lambat demi mengejar pagi di kota Kembang. 

Reservasi dan Pelayanan
Nah, Kabar gembira bagi pengguna bis. Bejeu punya sedikit inovasi tentang cara pembelian tiket yang lebih modern, melalui website http://www.bejeu.com/tiket/ calon penumpang bisa memesan kursi dan membayar tiket bis tanpa harus pergi ke agen bis malam. cukup bermodal saldo di rekening serta token / ATM untuk transaksi pembayarannya, dalam hitungan menit setelah verifikasi tiket pun aktif. tutorial nya bisa disimak disini.

Langkah selanjutnya yaitu mendatangi agen bis terdekat sebelum hari keberangkatan untuk menukarkan kode booking menjadi tiket asli dan sembari memastikan kapan harus berkumpul di agen. kalau sudah hafal jadwal sih ini ga wajib, cukup datang di hari H dan cuss. Lokasi seluruh agen resmi Bejeu dapat dilihat di http://www.bejeu.com/agen/index.php?m=peta

Update 01 Maret 2017 : Web bejeu diatas sepertinya belum pernah diupdate lagi oleh pihak perusahaan otobus. Saya coba akses lagi tersistem pemesanan online sudah tidak bisa dilakukan. Sebagai respon banyaknya pertanyaan mengenai agen bejeu di kota Cimahi di kolom komentar, silakan buka info agen yang saya dapat dari google disini.
Duduk di hotseat :p
Sedikit tentang pelayanan diatas bus, terdapat tiga orang crew yang siap melayani para penumpang. Dua orang driver dan satu orang kernet (kalo di pesawat namanya pramugari :p) kernet ini bertugas memeriksa tiket saat penumpang diatas bus dan menanyakan lokasi turun penumpang, hal wajib yang harus dipegang oleh crew bis untuk memastikan tidak ada penumpang yang salah turun.

Satu lagi aturan unik dari pengelola Bejeu, jika adzan subuh maka bis wajib berhenti untuk menunaikan sholat subuh. hebaaat sekali *tepuk tangan* Secara teori memang bis seharusnya sudah tiba di tujuan sebelum waktu subuh tiba, namun terkadang banyak kendala di jalan yang membuat bis tiba terlambat. yah pokoknya protes aja kalo misal pak sopir nya masih injek pedal gas di jalan saat waktu subuh tiba. Mudah-mudahan bisa menjadi contoh bagi pengusaha bis lain untuk menerapkan hal serupa, tentunya berhenti saat solat subuh tak akan memakan waktu lama, paling cuma 30 menit dan tak mungkin membuat pemilik bus bangkrut kan?


Terakhir, mungkin kabar gembira bagi para penumpang yang tinggal di daerah cimahi (seperti saya) karena bis ini kebetulan "ngandang" di daerah cimahi, jadi drop turun penumpang bisa dilayani hingga daerah cibeureum dan sekitarnya. ya jadinya ga jauh dari rumah aja, sedikit ngirit ongkos.. hehehe.

Kesimpulan
Tiket yang murah, service diatas bus yang maksimal, armada bis yang bertenaga dan nyaman, driver yang gesit, reservasi dan pembayaran tiket online yang sangat mudah, serta aturan bis berhenti saat solat subuh menjadi kesimpulan bahwa service bus ini sangat baik terlepas dari keberadaan agen bis yang kurang nyaman sebagai tempat menunggu penumpang. mungkin kedepannya bisa menjadi masukan bagi pengurus PO bis ini.

18 komentar:

  1. minta alamat detail agen cimahidunk gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. peta sebaran agen bejeu ada disini kak..
      http://www.bejeu.com/agen/index.php?m=peta

      cuma sepertinya daerah bandung belum terupdate :(

      Hapus
  2. besok mau coba naek bejeu dari bandung ke semarang, moga2 aja perjalanannya seperti review diatas...

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. hari gini masih cari agen? Hhe..coba deh online ticketing nya bejeu di http://bejeu.com/tiket/

      saya pernah coba sekali, tiketnya bayar via transfer bank. kursi otomatis booked setelah pembayaran. naik bisnya tinggal cegat di sepanjang rute busnya saja :)
      *verifikasi sehari sebelum keberangkatan nanti janjian sama crew bis nya mau naik dimana

      Hapus
  4. bejeu di suruh lewat ke magelang donk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahaha, kandangnya aja di jepara. mungkin kalo lagi carter bis nya bisa minta lewat magelang :)

      Btw, B32 juga dulu sempat jadi bus pariwisata bejeu kok.. sekarang rollingan dengan B31 nge-line ke bandung

      Hapus
  5. mas mau booking online bandung-jepara koq ga bisa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ya.. barusan dicoba booking cuma muncul "tiket yang Anda cari sementara belum tersedia"
      sayang sekali,seertinya sistem online nya belum update (di web nya masih banyak tulisan di 2015)

      sebenarnya sistem tiket online seperti ini masih termasuk terobosan baru. tidak seperti reservasi kereta api yang sudah sangat profesional. dua kali saya coba tiket bejeu online ini, yang pertama tiket masih dititipkan kepada agen offline, yang kedua kalinya saya coba, tiket dititip di kru bis.

      ya, sepertinya sistem online nya belum maksimal. maaf bila yang saya paparkan pada tulisan di atas kurang relevan untuk saat ini.

      Hapus
  6. Mas... Kebetulan saya besok mau ke jepara. Boleh tau patokan di cimahi sebelah mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes cimahinya dimana mas?
      minggu saya mau ke jepara

      Hapus
  7. mas kalau untuk agen bandung bus bejeu dimana ya, ada contak yang bisa di hubunginya.?

    BalasHapus
  8. Kalo kirim motor vario dari bandung ke demak berapa ya gan pake bejeu

    BalasHapus
  9. Tempat Kantor Travel Bejeu Jepara di sebelah mananya alun2 kota???

    BalasHapus
  10. بثملله ارحمن ارحيم semoga first trip menggunakan bju lebih menarik dari cerita mas nya yah :D

    BalasHapus
  11. Andalan ku sejak 2010 pindah kursi bejeu sampe skarang go to jakartacity

    BalasHapus
  12. Kang saya dari padalarang cimahi mau brangkat ke jepara kalo daru cimahi darimana beli tiket dan pemberangkatan ny

    BalasHapus