Sabtu, 23 Mei 2015

Review bis nusantara NS 99 Semarang - Bandung

Lama ga posting disini..
Kali ini ga cerita tentang naik gunung dulu, memang sudah lama juga sih ga naik gunung akhir-akhir ini. Cerita apa dong? Ah baiklah biar ga sepi mau share tentang moda transportasi aja.
Moda transportasi darat yang cepat dan nyaman. Pastinya kereta dong? Tapi saking murahnya kadang tiket kereta itu ludes duluan pas kita baru mau bikin rencana perjalanan. Salah satu solusinya yaitu pesen tiket bis.. mostly recommended buat kelayapan di jalur pantura khususnya untuk perjalanan malam.
Kesempatan ini, nubie mau coba ripiew service dari po Nusantara dengan rute Semarang - Bandung dengan armada scania berkode trayek NS 99.

nusantara Super Executive berbaju irizar
Tariff
Berhubung satu satunya pesaing di jalur ini hanya ada
kereta Harina yang pasang tarif 175rb untuk kelas ekonominya. Maka soal tarif bis ini juaranya, hanya terpaut 50 ribu rupiah nubie bisa dapet full service di kelas super executive nya. Makan malam prasmanan, seat electric, ruang kaki yang luas dan kecepatan tempuh yang cepat. Hanya 225 ribu rupiah untuk menebus satu kursi di bis ini (per april 2015).

agen resmi PO Nusantara, Jl Dr Cipto, Semarang
Feature
Berlabel signature class bus ini hanya membawa 19 kursi, bisa dibilang tempat tidur kali ya, hehe. Kursi elektriknya dapat disetel full rebahan tanpa mengganggu penumpang di belakang kita, serius ruang kakinya lega banget. Disediakan pula selimut dan bantal free.. gapake sewa kayak di kereta, huft.. Dengan 7 baris kursi berkonfigurasi 1-2 (A-BC) plus toilet di bagian paling belakang bis. Dan tak lupa service makan malam prasmanan. All u can eat pokoknya.
Namun sayang, sepertinya desain kursi elektrik di bis ini terlalu besar dan kurang cocok buat saia, sesekali merosot saat bis harus ngerem sedikit keras (tapi kayaknya ada seat belt yang nggak saya pasang waktu jajal bis ini).
Seat Elektrik konfigurasi 2-1
Speed
Hmm.. bis malam tentu identik dengan kecepatan dan kenyamanan. Hampir semua po yang nge line di pantura sudah memakai bis bis dengan suspensi udara untuk meredam ganas nya aspal pantura. Dan tentunya bis ini pun dilengkapi dengan air suspension untuk menjamin kenyamanan penumpangnya, tapi soal kecepatan? Ah jangan ditanya, dengan modal mesin bertenaga besar scania K380ib plus sopir handal berpengalanan, tak butuh waktu lama untuk tiba di tujuan.. cukup 6.5 jam untuk perjalanan dari pool nusantara di Krapyak sampai tiba di pool Bandung di jl pajajaran. Tarikan halus namun bertenaganya mampu menyalip pelari pantura lainnya dengan mudah.

Scania K380ib
Reservasi dan pelayanan
Pemesanan kursi bisa via telpon ke agen di jalan Dr cipto semarang, cukup via telpon saja kemudian datanglah ke agen untuk mencetak tiketnya sehari sebelum jadwal keberangkatan bis. Saat cetak tiket nubie diminta buat datang 30 menit sebelum jam keberangkatan di pukul 19.00WIB

Pukul tujuh malam semua penumpang arah barat dilayani dengan feeder terlebih dahulu dari agen resmi Dr Cipto. Feeder ini mengantar penumpang hingga pool di jalur utama pantura di ujung semarang (jalur pantura semarang-kendal). Disini pula service makan malam diberikan oleh PO. Nusantara. Penumpang kelas VIP dan executive diberikan paket makan malam, namun untuk penumpang super executive disediakan ruang makan khusus dengan menu makanan yang lebih wah. dapet nasi ayam, tahu, sayur, air mineral dan es pencuci mulut. Soal quantity jangan ditanya, its free for charge berapa banyak pun ngambil nasi dan temannya. Kecuali pesen yang ga disediain di meja, macem jus buah (jangan kaget harganya bisa 16ribu cuma buat segelas jus).

The Executive Lounge
Kesimpulan
Bagi penglaju ataupun traveller yang kehabisan tiket kereta menuju bandung, bis ini very very recommended. Tiketnya sih agak mahal tapi sangat worthed dibanding dengan pelayanannya yang serba wah. Atau mungkin bila ingin lebih murah, tersedia pula kelas eksekutif dengan tarif lebih murah dengan kecepatan yang sama.

2 komentar: