Minggu, 03 Juni 2012

hiking perdana_semeru-part 2

Hampir 20 jam ane sama temen2 lainnya duabelas orang menumpangi kereta Matarmaja, memang selepas stasiun tegal keretanya banyakan berhenti. pastinya sih ngalah sama kereta bisnis sama eksekutif.. sebanding sama harga tiketnya lah.. tapi masih paling cepet koq dibanding trasportasi darat lain. berangkat jam 2 dari jakarta, sampe di malang sekitar jam 10 keesokan harinya. jadi 900km selama 20 jam. kalo bis bisa 24 jam mungkin. tapi soal tarif bener deh kereta ekonomi paling oke 900km bayarnya cuma Rp 50000. atau sekitar Rp 60 per kilometernya.

yah betuh, kereta baru nyampe keesokan harinya di kota malang...

kalo turun di stasiun malang bawa tas-tas gede Anda pun pasti ditawarin carter angkot sama calo-calo stasiun menuju pasar tumpang. Sama seperti saya. :D

tuh kan bener, rombongan ditawarin carter angkot sampe rumah kenalan abang sopirnya yang punya carteran jeep di deket pasar tumpang,

sampe di malang, si ka dewa beli perbekalan seperti gas HiCook, agak khawatir soalnya stok nya Cuma bawa 3, kempingnya kan bisa 3 hari katanya.. alhasil nyari Giant dulu di malang..
sambil nunggu itu, temen2 yang lain pada ngisi perut. Ada yang beli nasi bungkus, kalo ane disini beli bakso malang. Yang beda sih disini makan bakso dikasih lontong.. khas kota malang

dapet angkot

mungutin tas yang jatoh

angkot kami carter seharga 100ribu dan supirnya janji langsung diantar ke pemilik jeep.alat-alat lenong itupun di taruh di atap mobil dan perjalanan pun berlanjut. Bencana pun terjadi, ditengah jalan 3 tas terjatuh dari mobil, argggh tas ane ternyata yang jatuh. tapi untungnya tidak sampai membahayakan pengendara motor di belakang.. Alhamdulillah

singkat cerita sampai di tempat pemilik jeep, sambil menunggu keberangkatan, ane sama temen2 shalat zuhur +ashar di jamak, trus si basho sama ka dewa urus dokumen pendakian di pasar tumpang, dan nggak lupa makan bakso malang lagii.

sebelum ashar kamipun berangkat. lebih dari satu jam kami melewati jalan aspal mulus, menanjak berkelok hingga akhirnya tiba di persimpangan bromo-semeru, seharusnya disini disuguhi pemandangan padang teletubbies kaldera bromo sayang cuaca mendung hanya putih kabut yang terlihat dengan jarak pandang tak lebih dari 100 meter, sambil diguyur hujan gerimis. tepat pukul empat sore akhirnya truk tiba di pos ranu pane. penasaran kan tuh gimana danaunya? ternyata tak seindah yang di bayangkan, ranupane udah mengalami pendangkalan, pohon2 air udah tumbuh menghampar. makanya pas dateng celingak celinguk mana ranu panenya? dikira lapang bola soalnya.. miris ya gan! sorry no pict, bayangin aja

hampir satu jam di pos pendaftaran untuk mempersiapkan segalanya, tadinya ane pikir mau ngecamp dulu disini. soalnya hujan nggak berhenti dan hari sudah sore. dan kalo ane baca di pos pendaftaran, ada tulisan pendakian paling lambat pukul 4.00 dari pos. eh disini pun ada tukang bakso malang, otomatis deh ngebakso lagii.. ini yang ketiga sejak menginjak kota malang

namun saking semangatnya mungkin, anak2 udah siap pake ponco sama pake raicover memulai start pendakian pada sore itu. pukul 05.30 rombongan pun berangkat, awalnya lewatin jalur aspal, sampe akhirnya nyampe di gapura, kita belok kanan ke jalan yang lebih kecil, kebun2 penduduk, bukit yang hijau, serta langit yang menghitam serta udara lembab mengawali perjalanan menuju ranu kumbolo. berat sih soalnya pendakian pada malam hari itu sangat berisiko. dan benar saja kita perlu waktu 7 jam untuk sampai di ranu kumbolo. padahal seharusnya cuma butuh 4 jam.

pos ranu pane hingga pos 1 diawali dengan tanjakan pertama melewati pinggiran bukit dengan pijakan yang sudah diperkeras, perjalanan sekitar satu jam kami lewati tanpa beristirahat.  sampai di pos satu, mungkin karena kelelahan, tanpa sadar senter KW ane pun terjatuh, wew bencana dimulai senter pun rusak, waduh perjalanan masih jauh ane pikir, ini salah satu yang bikin perjalanan semakin lambat, cuma bisa liat dari cahaya senter temen di depan sama belakang ane sampe ranu kumbolo nanti. singkat cerita perjalanan pun berlanjut

tak lama kemudian pos 2 (jaraknya berdekatan). dari pos 2 ini puncak semeru seharusnya sudah terlihat jika kami lewati trek ini pada siang hari. di pos 3 kami berhenti sejenak. ujian pun dimulai rombongan terbagi dua, dan ane kebagian bawa tenda dari sini sampe pos empat. awalnya salah belok, dari pos tiga ane nggak lewat jalan setapak makanya heran gitu tiba2 masuk ke rumput2 tinggi, orang di depan ane *lupa siapa? yang ambil rute. zigzag lewatin rumput ilalang segar, untungnya ketemu lagi sama jalur setapaknya, hujan gerimis nya pun awet banget, walhasil trek nya berlumpur, beberapa kali bikin ane terpeleset.

yang lebih tegang itu waktu ketemu longsoran bukit, tiba2 jalan setapaknya ketemu jalan buntu. jalannya mentok di dinding bukit. beda ceritanya mungkin kalo jalannya siang2. akhirnya kita lewat bagian bawah longsoran itu sampe akhirnya ketemu sama jalur setapaknya. si reza yang pake sendal jepit terpaksa harus kehilangan alas kakinya disini,

malam semakin larut, perjalanan pun entah kapan berakhir, perut udah  mulai kosong, cuma diisi sama snack karena nggak mungkin bikin tenda di perjalanan, ampai akhirnya terlihat lampu-lampu hangat dari tenda di kejauhan, ternyata ranu kumbolo sudah di depan mata. jalan setapak terus menurun sampai akhirnya tiba di pos empat, tenda pun berpindah tangan. ane istirahat sebentar, kemudian lanjut lagi sampai ketemu sebuah turunan yang sangat curam. ini ujian terakhir kami menuju ranu kumbolo. setapak yang curam ini bercampur dengan jalur air membuat kaki sulit menapak, terbukti beberapa orang terpeleset disini.

sampai disini, udara cukup dingin namun untungnya air di ranu kumbolo tak begitu dingin karena sedang musim penghujan. hihhiiii jadi pengen berenang disana!! tapi dipikir2 lagi jangan deh, daripada masuk angin.
oya back to cerita.. ternyata kehadiran kami menmbangunkan rekan pendaki lain yang sedang beristirahat. pantes aja sudah jam satu dini hari. karena kelelahan kami dirikan tenda disini dan beristirahat di samping danau di ketinggian 2400mdpl.