Minggu, 03 Juni 2012

hiking perdana_semeru-part 1

hellooo all...
mau berbagi cerita nih pengalaman ane di akhir tahun 2011
Pendakian pertama ane nih, sebenernya sejak sd ane paling nggak suka sama kegiatan outdoor. soalnya pengalaman dulu pernah nge camp sama anak pramuka di sd kena ulet bulu.. nggak cukup di situ masuk smp ane ikut PMR ada acara kemping juga, nggak jauh merana kaya pengalaman sd dulu plus tempatnya yang dingiiin.. *lokasi di perkemahan cinumpang, sukabumi. eeh masuk SMA pun sama, abis penutupan acara orientasi ada acara kemping di cibodas, waduh disini lebih parah maag ane kambuh, makan aja nggak enak, malemnya nahan dingin nggak bisa tidur, maklum cuma pake sarungbag.. belum punya sleepingbag

hha, udah deh cukup curhatannya.. back to inti cerita

Awalnya penasaran denger cerita beberapa orang temen kerja yang seneng ngesot (baca=hiking) ke Gunung Gede sama Gunung Salak, gunungnya itu2 aja maklum orang bogor.. trus baca novelnya 5cm semakin kebayang pengen merasakan indahnya gunung semeru <== ini yang racunin pikiran ane.. hha

bulan desember itu biasanya ane nulisin segala keinginan ane untuk tahun depannya, salah satu targetnya pun yaitu hiking.. kemana aja. seminggu kemudian atau H-14 dari rencana keberangkatan, undangan pun datang dari rekan se almamater.. alhamdulillah, padahal rencananya baru di 2012 loh. sejak ane bilang fix mau ikut ane persiapan deh, olahraga pagi, pinjem2 kerir, sleeping bag, sama perlengkapan lain




pasang foto ini di laptop sebagai wallpaper, bikin hari2 sebelum pendakian makin bersemangat





ok singkat cerita sampailah pada hari H. tiket KA ekonomi sudah di kantong untuk pemberangkatan KA matarmaja relasi Ps Senen - Malang kotabaru, dengan semua perlengkapan hiking pinjeman dari tetangga dan doa dari kedua orangtua (ini penting loh harus seijin orangtua) dimulailah satu dua langkah awal yang begitu berat di terik jakarta yang panas,

rute : kos-kosan, naek angkot ke ps rebo, sambung transjakarta (salah kalo naek busway-naik bisnya bukan jalannya, hhe) transit di kp melayu ganti koridor, turun di simpang lima ps senen. alhamdulillah nggak terlambat masih sisa 1 jam sebelum keberangkatan.


lok CC 203 siap membawa kami ke kota malang




disana ane bertemu dengan anggota grup lain yang berjumlah 4 orang, total jadi sudah 7 orang. KA matarmaja sudah siap di jalur satu. sisa 3 orang lagi ternyata datang 2 menit sebelum KA diberangkatkan, wah degdegan hampir2 nggak jadi nih acara kalo orangnya nggak lengkap.

semua sudah di kereta, mesin lok diesel elektrik CC 203 menderu mengawali langkah kami meninggalkan hiruk pikuk jakarta..menunggu 18 jam lagi untuk sampai di kota malang.semeru here i come!!








note:

peralatan yang di bawa :

  • carrier 60L handmade (ga bermerk)
  • daypack 30 liter (buat summit attack ceritanya)
  • kamera digital + 2 pasang baterai cadangan
  • sleeping bag
  • matras
  • baju 3set
  • nasting
  • gas hicook
  • ponco
  • obat-obatan
  • lap kanebo
  • sandal gunung citarik
  • sepatu
  • uang cash secukupnya, atm nggak laku di kereta :D

makanannya dalam kerir (cuma buat di gunung) *di kereta laperr :

  • indomie
  • energen
  • susu
  • gula merah


biaya perjalanan :
1x angkot = 3000
transjakarta = 3500
tiket ekonomi matarmaja = 50000

tips naek kereta jarak jauh :

  • jangan lupa bawa bekel buat di jalan, camilan, air mineral, dll
  • siapin uang recehan yang banyak
  • jangan ragu berkenalan dengan teman satu perjalanan
  • penuhin baterai handphone sebelum berangkat
  • simpan tas dan tiket kereta di tempat aman








satu lagi..
jangan kosongin perut di perjalanan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar