Selasa, 25 Desember 2012

Mengurus simaksi di TNGGP

Satu hal yang khas jika nubie mau nengokin kebon suryakencana pasti ngurus perijinan yang namanya simaksi. menjadi suatu keharusan bagi setiap orang yang memasuki kawasan taman nasional gunung gede pangrango mempunyai surat izin yang dapat diurus di kantor TNGP di cibodas, cianjur.
Jadi untuk mendaki kedua puncak di kawasan ini perijinan harus terlebih dahulu diurus paling cepat H-30 dan selambat lambatnya H-3 sebelum pendakian. Jika kuota mencukupi maka simaksi dapat diurus. Kuota ini bertujuan untuk membatasi jumlah orang yang dapat masuk melalui 3 pintu masuknya yaitu. 300 orang melalui pintu cibodas. 200 orang melalui pintu gunung putri, dan 100 melalui pintu selabintana. Di tiap pintu masuk resmi ini dijaga oleh sukarelawan. Misalkan di pintu masuk selabintana dijaga oleh para sukarelawan panthera.
Sebenarnya simaksi dan jumlah kuota dapat dicek secara online, namun sayangnya saat nubie mengurus simaksi ini, sistem pendaftaran online tersebut sedang mengalami gangguan sehingga perijinan hanya dapat diurus secara langsung di kantor TNGP Cibodas saja.
kantor TNGP cibodas


Yang harus disiapkan saat mengurus perijinan yaitu membawa fotokopi KTP semua anggota pendakian atau kartu pengenal lain dan membawa sebuah materai tempel 6ribu rupiah. Tahap selanjutnya yaitu dengan mengisi form isian yang kemudian diserahkan kepada petugas (cewe loh yang jaga biasanya.. xixi IGO) untuk disetujui oleh kepala kantor TNGP. Cukup dengan membayar biaya asuransi sebesar 7ribu rupiah per orang yang didaftarkan maka simaksi pun sudah di tangan.
Dan yang wah lagi, kantor ini melayani perijinan setiap hari bahkan di hari minggu seperti yang nubie lakukan.
Satu tips lagi dari nubie. Untuk menuju lokasi sebaiknya dilakukan perjalanan di pagi hari untuk menghindari kemacetan di kawasan puncak.

1 komentar:

  1. saya mau urus simaski untuk ke TNGHS sama ke pulau kotok kep.seribu
    gimana caranya ya mas??
    tempat mana aja yg harus saya datangin??
    terima kasih,,
    salam

    BalasHapus